Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Brian Thomas Hages

Brian Thomas Hages (60), seorang wisatawan asal Australia yang diduga menembak seorang pemandu wisata I Wayan Roy Prabawa (23), hingga saat ini belum ditahan petugas.

Kasat Reskrim Polres Klungkung AKP Ida Bagus Putra ketika dihubungi di Semarapura, Bali, Sabtu (4/12/2010) membenarkan bahwa pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap orang asing tersangka pelaku penembakan itu. "Tersangka pelaku sudah kami periksa, namun kami tidak dilakukan penahanan karena dia dalam kondisi sakit," ujar Bagus Putra.

"Selain dalam kondisi sakit, tersangka Hages juga sudah tergolong berusia lanjut," sambung Bagus Putra.

Ditanya kemungkinan tersangka melarikan diri, Bagus Putra menyebutkan bahwa pihaknya telah mendapat jaminan dari pengacara Hages bahwa kliennya tidak akan melarikan diri. "Pengacara Hages juga menyatakan kesiapannya untuk menghadirkan kliennya bila sewaktu-waktu diminta datang ke kantor polisi," ucapnya.

Bagus mengatakan, wisatawan kelahiran Perth, Australia yang telah melakukan aksi penembakan terhadap korban Prabawa, tetap harus mempertanggungjawabkan perbuatanya secara hukum. "Kami akan secepatnya melanjutkan pemberkasan atas kasus itu," ujar Kasat Reskrim.

Tersangka Hages yang adalah pemilik penginapan Main Sky Garden, Desa Jungut Batu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, telah melakukan penembakan terhadap pemandu wisata lokal, Roy Prabawa.

Penembakan dilakukan dengan senapan angin hingga melukai bagian lutut kanan korban sedalam tiga cm. Penembakan terjadi setelah korban asal Banjar Kanginan, Desa Jungut Batu itu, terlibat cekcok mulut dengan tersangka saat minum-minum dengan tamunya pada Kamis (2/12/2010) malam lalu.

Berawal dari cekcok mulut, kata Bagus Putra, kemudian berakhir dengan aksi penembakan menggunakan senapan angin oleh Hages kepada korban Prabawa. Pelaku melakukan itu setelah merasa tersinggung dengan ocehan korban di penginapan dan restoran miliknya. "Yang jelas akibat main tembak itu, sempat membuat warga Jungut Batu marah," kata Bagus Putra.

Warga sempat mendatangi penginapan milik Hages untuk mencari pelaku penembakan. "Untung saja warga dan rekan-rekan korban yang datang berhasil diredam oleh petugas dan tokoh masyarakat setempat," ucapnya.

Prabawa yang sempat mendapat perawatan akibat luka berlubang di bagian lututnya, kini kesehatannya disebutkan telah mulai pulih kembali. Demikian catatan online Blogger Nekad tentang Brian Thomas Hages.