Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 investor nasional

Sekitar 10 investor nasional menjajaki potensi sumber daya alam (SDA) di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) untuk dieksplorasi. Para investor mulai meneliti potensi kandungan alam berupa emas dan biji besi yang dipusatkan di Kecamatan Limbong, Rampi, dan Seko.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Luwu Utara Kaisang Andi Bolle mengatakan, sudah ada investorinvestor yang telah melakukan eksplorasi di Kecamatan Seko dan Rampi sejak 1997, di antaranya PT Citra Palu Mineral. Eksplorasi yang dilakukan PT Citra Palu Mineral berdasarkan SK kontrak karya dari pemerintah pusat dan berakhir 2039 untuk potensi logam dasar.

“Pada 2009, masuk lima investor nasional yang kemudian disusul empat investor nasional lain pada 2010,dengan masa izin eksplorasi selama lima tahun ke depan,”tuturnya. Investor yang dimaksud, yaitu PT Aneka Tambang, PT Seko Bukit Mas,PT Sapta Cipta Kencana, PT Andalan Prima Cakrawala, PT Trisakti Panca Sakti,PT Samudra Raya Prima, PT Kalla Arebamma, dan PT Dataran Seko Perkasa.

Menurut Kaisang, dari sekian investor, PT Kalla Arebama yang terlihat paling serius. Hal itu ditandai dengan adanya keinginan meneliti potensi alam berupa emas di Kecamatan Sekoa dan biji besi di Kecamatan Rampi.“Kami meminta ke investor menyerahkan progres kerja,”paparnya.