Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persaingan di pasar PC

Persaingan di pasar PC sepertinya semakin sengit, kini Lenovo sepertinya serius menantang HP yang cukup lama bertahan menempati posisi teratas di pasar PC.

Menurut laporan IHS iSuppli , Lenovo memiliki pertumbuhan yang kuat dalam pengiriman PC-nya, dan bergerak maju dari Dell pada kuartal ketiga dan mulai memasang serangan terhadap HP.

Tentu saja ini merupakan sebuah langkah yang mengesankan untuk sebuah perusahaan yang berada di posisi ke empat pada kuartal pertama tahun ini. Terlepas dari kenyataan bahwa pasar PC secara keseluruhan hanya tumbuh 5,5 persen di Q3, Lenovo datang cukup kuat dengan pertumbuhan 14.5 persen.

Lenovo saat ini menyumbang 13,9 persen dari semua pengiriman PC secara global, hanya 4,2 persen di bawah HP.

Lenovo sebagai pembuat PC sepertinya bisa mengambil posisi pemimpin dari HP. HP telah memimpin pasar sejak kuartal kedua 2008.

"Lenovo terus memanfaatkan permintaan yang besar untuk PC di pasar dalam negeri China," kata Matthew Wilkins, analis utama iSuppli seperti dikutip Tech World, Jumat (2/12/11).

Sementara itu, analis perusahaan Gartner mencatat bulan lalu bahwa Lenovo telah melonjak pada kuartal ketiga untuk mengambil alih tempat kedua dari Dell. Tidak menutup kemungkinan Lenovo juga bisa mendudukui peringkat pertama nantinya.

Pada bulan Agustus, HP mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan berputar dari bisnis manufaktur PC, dan kemudian kembali serta memutuskan mempertahankan bisnis. Kemungkinan tersebut menciptakan kegemparan di industri.

CEO Dell, Michael Dell, mengatakan kebingungan HP tersebut dapat menciptakan kesempatan bagi produsen PC yang lain. Setiap ketidakpastian atau kebingungan yang ada hanyalah sebuah kesempatan," kata Dell saat menghadiri KTT Web 2.0 di San Fransico, Oktober lalu.